Thursday, August 20, 2015

{DIY} Tempat Pensil dari Spidol Bekas

Halo, Apa kabar? 
Beberapa hari yang lalu saya bikin kerajinan tangan dari spidol bekas. Jadi awalnya dari ibu dikasih tantangan dr sekolah tempat beliau kerja untuk membuat/mendaur ulang barang bekas. Ibu pulang bawa kotak mika sama beberapa spidol bekas. Terus minta tolong saya buat dibikin ky apa. yuk yuk

Alat yang dibutuhkan :
- Beberapa spidol bekas
- Kotak mika/kardus
- Lem
- Selotip
- Double-tip
- Gunting
- Pensil
- Penggaris
- Pita dan pernak pernik lainnya



Langkah-langkah membuat :
1. Ukur panjang dan lebar dari spidol tersebut. Untuk mengukur lebar bisa menggunakan benang, pita, karet untuk dilingkarkan di badan spidol kemudian mengukur panjang benang/pita/karet tadi dengan penggaris. Saya pake karet waktu itu, spontan aja. padahal lebih gampang pake pita --'
Jangan lupa catat ukuran panjang dan lebarnya. Juga setiap ukuran dilebih 0,5 cm biar nggak terlalu ngepres. Sebagai contoh lebar spidol yang saya pake sekitar 5cm tapi yang kita catat 5,5cm dan panjang sekitar 12cm menjadi 12,5cm. Lebihnya ukuran ini juga berguna waktu dilem

2. Buat kerangka kertas di kertas kado. Saya punya lebar(L) = 5,5cm dan panjang(P) = 12,5 cm. Kita gambar di kertas kadonya sebanyak spidol yang akan kita pakai kemudian gunting kerangka-kerangkanya

3. Lem kertas kado pada spidol bekas. Sebenernya lebih mudah pake double-tip tapi pake lem juga bisa sih suka suka aja^^
Lem bagian pinggir kertas, rekatkan kemudian lem bagian pinggir kertas yang lainnya. ukuran lebar yang kita pake lebih 0,5cm jadi kertasnya akan numpuk dan lebih rekat, dibanding kalo kita pake ukuran press terus kertasnya nempel dispidol langsung.
Bagian bawah/panjang kertas juga lebih 0,5cm dimasukkan ke bagian bawah spidol, biar rapi. Lakukan hal yang sama ke semua spidol yang akan kita pakai

4. Pasang double-tip di bagian belakang spidol untuk direkatkan di kotak mika. Kotak mika juga bisa diganti pake kardus, diakal aja bikinnya biar spidolnya bisa berdiri tegak pokoknya :D


5. Hias kotak pensilnyaaaa. Tempel pernak pernik di bagian yang kita suka. Kotak Pensil dari Spidol Bekas sudah jadi! 


Gampang kan cuma gunting-gunting, tempel-tempel aja spidol bekasnya udah jadi sesuatu yang berguna hehehe. Oh ya dirumah saya kedatangan keluarga baru, namanya Boboho. Sudah dirumah sekitar 3minggu an. Masih bayi, umurnya sekitar 2 bulan lebih . Kapan-kapan saya ceritain lebih banyak. Selama proses pembuatan dan pengambilan gambar disponsori oleh monster kelinci. Dia memang agak nakal hehehe
Cerita selanjutnya sedang dibuat. Cerita tentang jalan-jalan lagi, Tunggu ya, see you on the next post! 

<3 Ida Yusnilawati
Dream Big! xoxo

2 comments:

  1. Keren tempat pensilnya, Saya mau coba bikin versi cowoknya dah :D

    ReplyDelete
  2. Awesome. gue bikin kemaren dari bekas lakban. Yang buletnya itu.. :D

    ReplyDelete

your comment feed my blog <3