Saturday, May 7, 2016

{Review Novel} Jodoh by Fahd Pahdepie

Halo! Apa kabar?
Yeaaaay libur panjang. Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu + Senin (karna nggak ada kuliah) libur panjang cuma agak nggak tenang gara-gara banyak project eaa

2 hari yang lalu saya selesai baca novel karya Fahd Pahdepie judulnya "Jodoh". Ini review pertama saya, sampe googling dimana cara review/resensi buku. 


Judul : Jodoh
Penuis : Fahd Pahdepie
Penyunting: Ika Yuliana Kurniasih
Perancang sampul: labusiam
Pemeriksa aksara: Achmad Muchtar
Penata aksara: Martin Buczer
Penerbit: Bentang Pustaka
Cetakan: Kedua, Desember 2015
Jumlah hal.: x + 246 halaman
ISBN: 978-602-291-118-0


Bercerita tentang seorang laki-laki bernama Sena dan seorang perempuan bernama Keara. Buku ini ditulis dengan sudut pandang orang kedua, Sena yang bercerita untuk Keara seperti menulis surat. Cerita ini berawal dari tahun 1993, dimana Sena dan Keara masih baru duduk di kelas 1 SD.
"Dan, jika hari itu aku merasa bahwa aku tengah jatuh cinta padamu, pada pandangan pertama, di usiaku yang masih enam setengah atau tujuh tahun, mungkin aku memang bukan anak kecil biasa...." 
Diceritakan dari jaman jaman mereka masih SD. mulai dari yang Sena yang diam diam sering ngeliatin, pura pura nanya pr, di cie-cie in temen-temen mereka, pergi telfon ke wartel dan masih banyak lagi. SMP dan SMA mereka dilanjutkan di pesantren yang sama. Podok Darul Aqram. Mereka suka berkirim surat, perantaranya ibu pencuci baju santri di pondok itu.

Diceritakan hampir detail tentang perasaan seseorang yang jatuh cinta dengan sebenar benarnya wkwkwk ini agak lebay, tapi lucu banget bikin ky bilang "iya ya/ iya emang gitu sih rasanya/ kok bisa sih". Perasaan jatuh cinta itu kadang emang lebay kan ya. Lebih greget kalo baca sendiri. Seriusan
"Seketika itu juga, aku ingin menyalami semua orang. Aku ingin tersenyum kepada semua orang. Rasanya ada yang meledak-ledak dalam hatiku, semacam kembang api pesta, dan nada-nada indah berputar dalam kepala-mengajakku berdansa dan berbahagia"
Selain menceritakan Sena sendiri dan Keara, di buku ini juga ada 1 tokoh lagi namanya Abdul Malik Reza Ibrahim yang nggak mau dipanggil Abdul, Malik, Reza maupun Ibrahim. "Panggil aku Amri!". Amri lucuu, sebagai teman Sena yang baik. Juga sama sama pergi ke SD, SMP dan SMA yang sama dengan Sena dan Keara. Disini Amri suka bantuin sena termasuk masalah Keara. Mulai dari ngeliatin Keara yang mungkin bakal lewat gerbang pesantren terus buru buru deh bilang ke Sena. Mereka semua lucu.

Saya suka banget sama buku ini. Selain sedikit diselipkan nilai nilai agama. Ceritanya manis buat dibaca, cocok buat kalian yang pasti pernah ngerasain jatuh cinta dan pecinta novel bergenre ini(nggak ngerti genrenya apa ya. romance?) mungkin jadi ikut ikutan ngebayangin, perasaan perasaan yang pernah ada ciaaa. lebay lebaynya perasaan suka sama seseorang. Yang segalanya tiba tiba berubah jadi indah cuma gara gara dia sekedar lewat, nggak sengaja ngobrol atau bahkan cuma kita liatin dari kejauhan.

Di buku Jodoh ini bikin saya yang baca jadi inget jaman-jaman dulu waktu masih belum kenal internet. Nanyain nomor telepon rumah temen temen, terus pergi ke wartel buat nanya PR aja. Masih inget panel digital warna merah bergerak mulai dari 125, 150, 175, 250, 275, 300. Dari situ saya jadi inget juga telepon umum yang pake koin. Kalian inget nggak? hahaha asik banget main itu, bahkan dulu saya sama temen temen suka ngisengin telfon random ckckck nakal memang.

Tiap baca buku yang quotenya bagus suka saya stabilo. kadang dari buku karya Tere Liye bisa dapet banyak coretan stabilo hehe. Di buku Jodoh saya juga nemu banyak quote bagus. Tapi nggak saya stabiloin sama sekali, bukunya bukan punya saya. Punya mbak, nggak dibolehin distabilo. Lupa dah quote quote nya di halaman berapa aja. gini susah mau bagi quote kan :3
"Aku mendadak ingin menyalami semua orang di dunia, memeluk mereka, merayakan semuanya dengan penuh sukacita!"
"Ada dua jenis kerinduan, kerinduan pertama karena kita pernah merasakan sesuatu dan kita menginginkannya kembali. Kerinduan kedua karena kita tak pernah mengalaminya dan benar-benar ingin merasakannya, setia menuggu dalam penantian yang lugu"
Juga ada beberapa tulisan yang menurut saya lucu. satu sih ini soalnya yang lain lupa halaman berapa wqwq
"Sialnya, saat itu aku sedang keracunan film India. Aku memperhatikan surat itu. Ada namaku tertulis di sana. Aku tahu benar itu tulisan tanganmu. Tiba tiba aku berubah menjadi Mitun Chakraborty dan kamu jadi Sridevi. Kita menari berdua di taman bunga. Kamu berlari dan bersembunyi di balik rindang pohon dan aku mengejarmu atau menarik kain sarimu. Aku gembira luar biasa. Lagu India berputar didalam kepala" 
"Maka, episode lain dari kisah cucu Adam dan Hawa dimulai di depan wartel! Mungkin ada godaan iblis juga disana, tapi ingin kuperkenalkan kepadamu bahwa iblis yang satu ini cukup baik hati (semoga Tuhan mengirimkan-Nya ke tempat yang agak dingin di neraka!)"
btw saya emang suka baca buku dari SD. Kalo ditanya genrenya apa saya bingung. Karna nggak banyak mengerti soal genre, suka aja baca. Bagus, dibaca. Sejauh ini masih suka baca buku karya R.L Stine, Agatha Christie, Tere Liye dan sekarang nambah jadi suka karyanya Fahd Pahdepie. 

Rating buku ini 4.5/5
Buku yang manis untuk dibaca

Sampai ketemu di cerita-cerita selanjutnya
Dream Big! xoxo
<3 Ida Yusnilawati

3 comments:

  1. hai ida akhirnya ngeblog lagi, inspiring blogger ku ciawawawawww wkwkw
    Btw aku sering liat ig nya si mas mas so sweet ini deh, tapi belum pengen beli bukunya sampai akhirnya aku baca post ini hahaa asli udah lama ga review buku juga aku da..

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, hayu review lagi lel. siapa tau aku jadi pen beli bukunya wkwkwk

      Delete
  2. Selamat Pagi,

    Saya Soraya dari http://serumah.com. Saat ini trend berbagi ruangan/roomsharing sangat gencar. Kami berinisiatif untuk membuat situs pencari teman sekamar agar orang-orang yang ingin menyewa rumah dapat berbagi tempat tinggal dan mengurangi biaya pengeluaran untuk tempat tinggal. Berawal dari ide tersebut, website serumah.com diluncurkan sejak awal tahun 2016. Saat ini saya membutuhkan bantuan anda untuk memberikan review mengenai serumah.com di situs blog anda. Kami sangat menghargai jika Anda bersedia untuk memberikan review terhadap website kami dan menerbitkan di blog anda.
    Mohon hubungi saya jika ada pertanyaan lebih lanjut. Saya ucapkan terima kasih atas waktu dan kesempatannya.

    Soraya F.
    Cataga Ltd.
    soraya.serumah@gmail.com
    http://serumah.com/

    ReplyDelete

your comment feed my blog <3