Thursday, June 9, 2016

Lovely Bunny #Bobohobunny

Haaaaaiii apa kabar?

Setelah sekian lama akhirnya buat post tentang kelinci saya.
Namanya Boboho, dia kelinci betina. Nama panggilannya banyak sekali. Bobo, bobobun, borang, bunnybun, gundul, gendut dsb. Saya suka teriak teriak manggil dia kalo pulang kuliah hihi

July 2015
Bapak dan adek saya lagi pergi ke Splendid. fyi Splendid ini biasa di sebut pasar burung kota Malang dan jual banyak binatang. Seperti kucing, anjing, kelinci, ikan dll. Disana juga banyak toko tanaman, bibit tanaman. waktu itu Bapak dan adek saya pulang bawa Bobo yg masih kecil imut-imut. Kalo nggak salah waktu itu umurnya masih 1,5 - 2 bulanan. Masih kecil sekali, dan sejak saat itu Bobo jadi hewan peliharaan saya yang pertama.
26/07/2015
Hari itu saya seneng sekaligus takut Bobo ada di rumah. Doi lucu, nggak banyak bergerak karna masih asing sama tempat barunya. Hari itu juga saya langsung cari tau gimana cara merawat kelinci. Yang bikin takut adalah saya baru tau juga dari baca artikel kalo "Jangan beli kelinci dibawah umur 3 bulan. karna mudah mati". Waktu itu Bobo diam sekali nggak banyak gerak, pikiran saya udh kemana-mana. Yang takut dia nggak mau makan, atau takut dia sakit dan takut kalo tiba-tiba besok pagi dia nggak bangun lagi.

Karna ini pertama kalinya saya punya hewan peliharaan. Cara merawatnya juga masih salah salah. Mulai dari tempat makannya yang lebih besar dari badan Bobo dan tempat minum yang mudah tumpah, semuanya salah. Bahkan sempat salah kasih makan... x_x 
26/07/2015
Alhamdulillah hari itu dia langsung doyan makan. Besok besoknya juga makin doyan makan. Seiring berjalannya waktu, saya belajar tentang kelinci. Mulai ganti tempat makan dan minumnya dengan tempat yang lebih layak. kemudian kandang yang nggak pake alas lagi. Bobo juga mulai belajar sama rumah saya.




She's growing so fast!
Tentu saja Kelinci juga hewan yang nggak bisa cuma di kandang aja. Mereka butuh beraktivitas untuk melemaskan badan mereka seperti lari-lari, stretching, binky. Mereka juga bisa diajarin untuk peepoo di litterbox atau kandang mereka
22/08/2016
Awalnya Bobo cuma berani keluar kira-kira 100cm dari kandang. Itupun dia bolak balik lari dari kandang, keluar, terus balik lagi ke kandang. Dia begitu sampe kira-kira 2 hari, tiap saya ajak main keluar kandang. Hari ke-3 dia udah mulai keliling ruang tamu, poop disana sini. Sekitar seminggu/2mingguan dia udah loncat sendiri naik sofa! masih poop disana sini. Tapiii saya selalu masukin dia ke kandang tiap 10 menit sekali atau sekiranya dia udah keliatan mojok mau pee. Biar nggak kecolongan pipis diluar kandang. Selama itu masih aman, pipis di kandang dengan cara saya masukkan dia ke kandang. Pernah kecolongan juga dia pipis di pojokan --'' (berkali-kali). setelah berminggu-minggu diajarin pipis di kandang, sekarang dia udah mulai ngerti kalo kebelet harus pipis dimana. anak pintar!
22/08/2016

FOOD
Soal makanan, yang baik untuk mereka sebenarnya adalah rumput hay. tapi Bobo selalu saya kasih pelet kelinci yg banyak dijual di pet store. Juga beberapa macam sayuran seperti wortel, brokoli, jagung dll. Bobo juga suka pisang, apel dan strawberry. Kadang kalo Bobo main di depan rumah, doi makan daun mint. Pemberian sayuran dan buah nggak selalu tiap hari, biasanya 2-3x sehari untuk selingan aja. Karna nggak semua sayur dan buah baik untuk mereka.
7/11/2015

27/9/2015
Pernah saya salah kasih makan. Sebenernya bapak yang jual kelinci ini pernah pesen untuk ngasih makan pelet aja sebelum kelinci trsbt berumur diatas 3 bulan. Jadi nggak boleh dikasih makanan macam-macam termasuk sayur dan buah-buahan sebelum umur mereka diatas 3 bulan. Waktu itu umur Bobo belum lebih dari 3 bulan, mungkin sekitar 2 bulan lebih sedikit. Kebetulan di rumah ada kangkung, saya ambil satu batang kecil. Dalam keadaan masih seger dari kulkas terus saya kasih ke Bobo. Dia seneng sekali, makannya lahap terus saya ambil lagi sampe 3 batang dan dia makan semua. Besoknya dia (maaf) mencret sampe buttnya kotor semua :( duh langsung saya lemes, takut dia mati. Untungnya waktu itu saya nggak mandiin dia. Lah nggak kebayang dia udah kembung, mencret terus saya mandiin :(((

Kemudian saya baca-baca di internet, dari situ saya tau bahwa nggak semua sayur baik untuk kelinci. Salah satunya kangkung karna banyak gasnya. Kesalahan saya yang pertama, kasih makan sayur sebelum umur dia diatas 3 bulan. Kedua, saya kasih dia makan kangkung. Ketiga, sayur yang saya kasih masih seger dari dalam kulkas karna kadar air yang banyak bisa bikin mereka kembung dan mencret.

Mungkin karna kesalahan-kesalahan seperti ini yang bikin kelinci yang baru dibeli mudah mati. Selain mungkin adaptasi mereka sama lingkungan baru yang nggak pas karna suhu. Mungkin karna makan yang diberikan nggak tepat. Mungkin juga karna hoomin yang gemes pengen mandiin kelinci mereka akhirnya yasalam karna kedinginan. terus nggak pernah mandi dong? nggak kotor emang? Mandi kok, mereka punya cara sendiri buat bersihin tubuhnya dengan cara jilatin bulu bulunya seperti kucing. Sekotor apapun pasti bisa bersih tanpa dimandiin sama hoomin. Buktinya kemarin Bobo mencret sampe kotor semua ke buttnya juga bersih. Mereka cukup bersih buat merawat tubuhnya sendiri.

Si Cantik
Saya suka dandanin dia pake jepitan rambut habis gak tahan dia lucu banget wkwkw. hoomin suka iseng ya gini
23/08/2015
14/10/2015
yuk olah raga!
Kadang-kandang kalo saya fotoin, dia suka pasang wajah 'curiga' saya jadi ikutan curiga, jangan-jangan dia sadar kamera. Sampai saat ini foto Bobo sekitar 270 an juga banyak video yang beberapa saya upload di Instagram saya dan dia.
Bobo punya akun Instagram pemirsa hahaha. Bisa dicek di @bobohobunny  saya posting pake hastag #bobohobunny
instagram.com/bobohobunny

#bobohobunny

Lovely Bunny
Bobo suka banget di elus-elus, terutama bagian kepala. Kalo taro tangan diatas kepalanya dia langsung duduk. Suka sundul-sundul kaki dan tangan buat minta diusuk-usuk! dan sebagai tanda terimakasih dan sayangnya kepada hoomin dia suka jilat-jilat. what a lovely bunny! Bobo selalu ke kamar saya tiap saya keluarin dia dari kandang. Kemudian selonjoran di bawah kasur atau dibawah kursi meja belajar.
Bobo setia menemani(atau minta ditemani) entah saya lagi belajar, tidur, baca buku, nnton tv atau bahkan sekedar ngeprint tugas ke depan. Jadi saya suka di kamar lama-lama, apalagi duduk di meja belajar buat internetan, gambar. Bobo suka selonjoran dibawah kursi tempat saya duduk, nemenin berjamjam. Pulang ke kandang buat makan dan peepoo terus selonjoran lagi. Kadang kalo saya tinggal ke depan buat ngeprint dia ngikut, terus selonjoran di bawah kursi tempat saya duduk.
28/9/2015
waktu saya lagi belajar buat kuis. Posisisnya saya duduk di bawah, terus tiba tiba dia naik sofa dan selonjoran disana. gimana nggak gemes :3
26/01/2016
nemenin baca buku
26/01/2016 || 29/01/2016
suka tiba tiba dempet dempet ky gini kalo saya lagi duduk di lantai <3
01/10/2015
Bobo everywhere
04/02/2016
boom!
Dia sering nemenin saya ngapa-ngapain. Kalo kata kekasi-h (yg juga pelihara kelinci, banyak dan lucu-lucu :3) Bobo yang minta ditemenin. Makanya Bobo sering nyari saya. Kadang-kadang saya sibuk sama suatu hal, dia ngajak main dengan muter muterin kaki. Kalo nggak saya gubris dia tiduran diatas kaki saya. duh sayang sekali sama Borang<3333

semoga sehat selalu
sampai ketemu di cerita berikutnya!

Dream Big! xoxo
<3 Ida Yusnilawati


No comments:

Post a Comment

your comment feed my blog <3