Monday, September 12, 2016

{DIY} Pembatas Buku

Haiiii. Selamat Hari Raya Idul Adha! :)

Kemarin sore saya bikin sesuatu lagi. Kalo ada waktu luang saya suka gemes pengen buat sesuatu atau melakukan sesuatu seperti menulis, nonton drama korea, internetan, bikin handmade, ngeblog dan baca buku. Selain suka nulis saya juga suka baca buku. Suka banget sama novel-novel detektif dan komik-komik yang ceritanya lucu. Saya suka banget baca novel-novel detektif karya Agatha Christie, novel-novel misteri karya R.L Stine dan komik-komik Chibimaruko-chan/Doraemon. Suka pake banget! Saya bisa duduk anteng berjam-jam buat baca novel itu. Tapi bakalan diceritain di beda post karna sekarang mau cerita handmade dulu ehe

Saya buat pembatas buku karna saya suka baca buku. Fungsinya udah pasti buat pembatas buku/novel yang kalo belum selesai baca bisa dikasih tanda pake pembatas buku. Saya buat 3 pembatas buku yang berbeda dan saya cerita ketiga caranya dalam satu post ini.

Ketiga pembatas buku ini mungkin sudah umum sekali dimana-mana tapi bolehlah dicoba. Saya selalu semangat bikin handmade.

Alat dan Bahan :
1. Gunting
2. Penggaris
3. Lem
4. Pensil, drawing pen
5. Kertas buffalo
6. Amplop
7. Klip kertas
8. Kain perca
9. Washi tape
10. Pelubang kertas
Sebelum saya bikin dulu sedikit gambaran yang bakalan saya buat, saya tulis juga panjang dan lebarnya soalnya saya suka lupa ukurannya kalo pas diceritain begini...

Pembatas Buku dari Kertas Buffalo
Untuk membuat pembatas buku dari kertas buffalo ini dibutuhkan tentu saja kertas buffalo, kertas lipat, gunting, penggaris, pensil, drawing pen dan lem. 
Pertama kita siapin dulu kertas buffalo yang dipotong dengan ukuran panjang=14.5cm dan lebar=4cm. Kemudian untuk kertas lipat bagian belakang dengan ukuran panjang=15.5cm dan lebar=5cm, sengaja dilebihkan 0,5cm di setiap sisinya untuk dilipat ke bagian depan. Dan satu kertas lipat lagi untuk bagian depan dengan ukuran panjang=14cm dan lebar=3.5cm.

Lem bagian merah kertas buffalo kemudian tempel dengan kertas lipat bagian depan. Nanti akan jadi seperti ini :
Setelah selesai dengan kertas lipat, selanjutnya bagian atas pembatas buku dengan pelubang kertas

Saya punya kain ky gini, nggak tau tapi namanya apa hahaha kalau punya pita bisa pake pita buat acc bagian atas pembatas. Karena saya pake kain jadi saya potong beberapa cm kemudian saya gulung-gulung dan dimasukkan dalam lubang pembatas (lihat gambar dibawah)
Gambar pojok kanan bawah itu maksudnya adalah karna ujung kain masih sama rata supaya lebih cantik saya potong sedemikian rupa. Sehingga hasilnya lebih lucu seperti ini :

tinggal ditulis-tulisin sesuka hati
 Jjaang pembatas buku dari kertas buffalo sudah jadi!


Pembatas Buku dari Amplop
Untuk pembatas dari amplop ini lebih mudah dari sebelumnya. Alat dan bahan yang dibutuhkan yaitu amplop, penggaris, pensil, gunting dan washi tape. 


Caranya juga gampaaang, ukur 6x6cm dibagian bawah pojok amplop seperti gambar dibawah. Kemudian gunting.


Setelah itu tinggal hias pake washi tape. Lakukan pada bagian depan belakang
potong washi tape sesuai ukuran sisi sisi pembatas
 Dan pembatas buku dari amplop sudah jadi!



✂ Pembatas Buku dari Klip Kertas
Yang ketiga, pembatas buku dari klip kertas. Ini yang paling simple dari 2 pembatas buku diatas menurut saya. Alat dan bahan yang dibutuhkan yaitu klip kertas, kain perca dan gunting.

Pertama-tama potong kain perca beberapa cm. Kemudian potong bagian ujung kain supaya menyerupai pita. Lalu masukkan kedalam klip kertas dan langkah selanjutnya bisa dilihat pada gambar. 
 Saya bikin dari beberapa kain perca dan hasilnya lumayan bisa bikin cantik klip-klip saya <3


Dan ketiga macam pembatas buku sudah selesai dibuat! Tinggal pilih mau pake yang mana, semua lucu buat saya hehe :p 

Banyak foto di cerita kali ini. Itu sudah saya kurang-kurangin, juga sudah saya gabung biar nggak banyak-banyak banget. Mungkin akan lebih praktis kalau lewat video tapi saya ini gadis pemalas, malas mau install aplikasi buat editing video karena berat, malas editing videonya juga. Mungkin lain kali 

Oh iya buku diatas itu salah satu novel karya Agatha Christie. Itu novel favorit saya banget! Judulnya "Sepuluh Anak Negro". Gambar covernya emang agak nakutin tapi ceritanya sama sekali nggak menakutkan kok. Buku lama, kertasnya sudah menguning. Itu buku punya ibu saya, dulu saya sempat mau baca waktu sekitar umur 12 tahun tapi berhenti setelah baca 1 bab karena masih nggak ngerti sama bahasanya yang lumayan susah dicerna (waktu itu). Beberapa tahun kemudian saya baru paham sama bahasanya dan mudah ngikuti alur ceritanya. Saya baca sampe habis dan ceritanya luar biasa keren! makanya jadi novel favorit saya sampe sekarang. Nah jadi kebawa suasana ngomongin buku kan... kapan-kapan mau saya ceritain soal novel-novel ini. Karna serius keren sekali (bagi yang suka novel detektif)

Mungkin akan muncul pertanyaan "buat apa bikin? novel jaman sekarang kan udah ada pembatasnya". Iya bener udah ada dan kebetulan novel-novel saya ini nggak semua ada pembatasnya. Apalagi novel-novel terjemahan milik Agatha Christie dan R.L Stine. Beberapa hari ini saya lagi baca buku Agatha Christie judulnya "Misteri Karibia" dan itu nggak ada pembatasnya. Terus saya kepikiran buat bikin pembatas buku sendiri dan jadilah cerita ini :)

"Saatnya Tabi berpisah. Saatnya Tabi berpisah" hahaha fans berat Teletubbies nih dulu. Sudah dulu yaa semoga bermanfaat :)

Terimakasih dan sampe ketemu di cerita selanjutnyaaa
<3 Ida Yusnilawati
Dream Big! 
xoxo

2 comments:

  1. Ini lucu bangeet,,
    aku pernah pake struk Buat pembatas buku, karna ternyata buku yang aku beli gaada pembatasnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Lel, karna nggak semua novel ada pembatasnya jadi aku bikin sendiri :D Soalnya novel-novel yang sering tak baca ini nggak ada pembatasnya, apalagi novel keluaran jaman dulu yang beli di toko buku wilis hahaha

      Delete

your comment feed my blog <3