Saturday, September 17, 2016

Semester 5

Hai hai. Akhir-akhir ini saya cerita soal DIY things. Tapi sekarang nggak cerita itu, mau cerita sedikit soal kuliah (namanya juga blog pribadi). Saya semester 5 sekarang dan sudah mulai aktif kuliah sejak 2 minggu yang lalu. Udah mulai ada tugas dan project-project yang harus dipikirkan dan tentu saja dikerjakan. 


Tiap akhir semester selalu dibuat deg-deg-an nungguin nilai yang keluar di SIAM (Sistem Informasi Akademik Mahasiswa). Nggak berhenti disitu, karna masih dibikin deg-deg-an sama KRS-an. Kenapa deg-deg-an? Karena KRS-an itu berebut kelas, apalagi kalo tengah malam. Belum kalo ketiduran terus nggak dapat kelas. Tapi enaknya KRS-an adalah kita bisa pilih hari dan jam kuliah yang kita mau. Mau diatur 3 hari kuliah dan 4 hari libur dalam seminggu pun bisa (asal jadwalnya bisa juga wkw). 

27 Agustus 2016 kemarin saya KRS-an. Semester 5 ini KRS-an dibuka tengah malam (00:00 WIB) lagi, setelah semester 4 kemarin sempet KRS-an dibuka jam 9 pagi. Saya KRS-an sama dgeng. Sebelum tengah malam, kami susun jadwal kuliah semester 5. Dalam susunan jadwal yang kami buat, kami pilih hari dan jam-jam mata kuliah yang bisa dibilang nyaman. Plan pertama kami kuliah mulai dari hari Senin-Kamis, kemudian rombak lagi kuliah hari Senin-Rabu. Iya 3 hari kuliah, 4 hari libur dalam satu minggu! Hahaha bahkan sempet mau kuliah cuma hari Senin dan Selasa aja. Kok bisa? Bisa, baca dulu aja...

Tapiii setelah kami beraksi dengan secepat kilat (KRS-an), hasilnya diluar ekspektasi. Kami ber-13 KRS-an dengan jadwal yang sama. Beberapa dari kami ada yang nggak dapat kelas sesuai jadwal yang kami buat karna sudah penuh. Jadi mau nggak mau harus pilih kelas yang lain. Yang berhasil pilih jadwal sesuai jadwal kuliah yang kami susun cuma saya aja. Ini bukan hal aneh, tapi namanya juga KRS-an, berebut kelas sama ratusan mahasiswa. "Berkedip aja kelasnya penuh" saking cepetnya mahasiswa-mahasiswi ini kalo KRS-an. Karena rata-rata mahasiswa-mahasiswi menghindari kuliah jam 7 pagi makanya berebut kelas buat nggak kuliah jam 7 pagi. 

Hasilnya kami memang berpencar untuk beberapa mata kuliah. Saya sempat pindah-pindah kelas karna nggak mau kalo nggak sama teman-teman hahaha. Sementara itu kami kuliah dari hari Senin-Rabu. Setelah jadwal praktikum keluar, kami dapat hari Kamis dan Jumat. Dan itu artinya sama aja kami kuliah dari hari Senin-Jumat. Awalnya agak nggak rela juga kalo hari Jumat kuliah, tapi Alhamdulillah memang harus bersyukur dalam segala hal. Karna ternyata ada yang praktikum hari Sabtu...


Semester 5 ini saya ada 7 mata kuliah, masing-masing 3-4sks. Semester ini lebih banyak project. Banyak sekali, ada 5-6 project kalo nggak salah sih. 

Seperti biasa tiap semester buat jadwal kuliah dan pembatas setiap matkulnya. Saya suka sesuatu yang tersusun rapi. Saya buat biar semangat nulis dan belajarnya. Ada beberapa tambahan di binder saya dari isi semester 4 kemarin.

Di halaman pertama ada pembatas binder warna kuning. Disitu saya kasih lembar contacts dosen saya. Sebenarnya itu ada tulisannya, tapi harus saya tutup untuk privasi mereka. Lembar selanjutnya saya buat jadwal kuliah semester 5.

Di pembatas binder selanjutnya warna jingga. Isinya kertas catatan-catatan saya untuk satu semester kedepan. Saya batasi catatan setiap mata kuliah dengan kertas binder polos yang ditempelin kertas lipat dibagian atas. Saya pernah tulis cara buatnya yang bisa dicek di sini



Semester ini saya ada 2 praktikum. Di pembatas binder warna hijau saya isiin dengan catatan praktikum.

Kemudian di pembatas binder warna merah saya isi dengan Planner Calender yang pernah saya ceritain disini 


Pembatas binder warna biru, ada pocket page yang saya buat beberapa waktu yang lalu cek cek. Juga planner untuk pengingat hal-hal yang perlu saya kerjakan beberapa hari tersebut. Ada potongan-potongan washi tape di ujung kertas planner. Itu sisa potongan dari pembatas buku yang saya buat kemarin. Saya tempel random aja tapi lucu juga.

Mungkin lebih mirip to do list. Ada tulisannya, cuma perlu saya tutupin hehehe
Di lembar-lembar selanjutnya masih sama dengan semester kemarin ada gambar/doodle sama kertas binder lucu-lucu. Anak '90 an masih inget tukeran isi binder kan? hehehe

Daaan bagian paling belakang ada note buat coret-coret random aja. Sudah selesai! Semoga semester 5 ini makin semangat, makin rajin menuntut ilmu. Biar cepet lulus dan kerjaaaaa! Semoga semuanya berguna buat masa depan. Mari kita Aamiin-i

Jangan lupa bersyukur = Jangan lupa bahagia
See you on the next post!
<3 Ida Yusnilawati
Dream Big! xoxo

3 comments:

  1. semangat ida! ciye udah semester 5 aja nih hehe. bindernya as always uyuuuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi Ka :D
      btw kok gak update lagi blognya? kangen baca blogmuuu

      Delete

your comment feed my blog <3