Saturday, October 1, 2016

{DIY} Pillowcase (without sewing machine)

Hai haiii. Selamat bulan Oktober! hari ini pay day yeee. Gak ding. Saya kan gak kerja, maksutnya hari ini uang bulanan saya dikasih wkwkwk 

Saya bikin DIY things lagi. Kali ini jahit-jahit lagi setelah sekian lama nggak buat DIY things menjahit. Dulu pernah saya buat (kalau ada yang masih ingat) tapi postnya saya masukin draft karena beberapa alasan yang sudah sering saya ceritakan.

Saya buat handmade pillow case atau sarung bantal sendiri. Tutorial ini tanpa mesin jahit jadi 100% jahit pake tangan. Tapi jangan khawatir karna jahitnya gampang. Sebenarnya di rumah ada mesin jahit. Mesin jahit jaman dulu itulho tau kan? yang diputer-puter. Cuma sudah dibongkar dan kalo dipasangpun rasanya saya gak bisa make. Ada rencana pengen beli mesin jahit yang portable jaman sekarang tapi cukup mahal buat kantong mahasiswa. 
Alat dan Bahan :
1. Bantal polos
2. Kain katun
3. Benang + Jarum
4. Jarum pentul
5. Gunting
6. Cutter
7. Penggaris
8. Pensil/pensil warna

Untuk bantalnya, saya beli. Sebelumnya saya muterin buat cari bantal kotak polosan (bantal sofa) ukuran 30x30cm atau 40x40cm di pasar tapi nggak nemu. Entah saya yang kurang giat nyarinya atau gimana gak tau. Nemu bantal polos begitu tapi buat bantal duduk, mungkin ukurannya sekitar 100x100cm. Kebesaran kan kalo 100x100cm. Terus saya pergi ke salah satu toko yang jual bantal di daerah sawojajar. Disana memang jual macam-macam bantal. Cuma lagi-lagi saya nggak nemu bantal kotak begitu yang polosan. Ada sih tapi nggak polos, ada gambar-gambar kartunnya atau bercorak gitu deh dan saya nggak mau wkwkw. Terus saya pesen sama yang jual untuk dibuatkan 2 bantal kotak tapi kain putih polos saja. Alhamdulillah bisa meskipun cuma pesen 2 ehehe. 

Cara membuat :
1. Siapkan kain ukuran 85x43cm. 
Untuk cara buatnya disini saya buat patokan ukuran berdasarkan ukuran bantal. Bantal yang saya punya ini ukuran 38x38cm. Kenapa kainnya ukuran 85x43cm? Jadi cara saya ukurnya begini. Nanti kain ini akan dilipat membungkus bantal, maka saya butuh ukuran panjang kain setidaknya 2x ukuran sisi bantal. Disini 2x ukuran bantal adalah 76cm. Kemudian ditambah dengan jarak antara depan dan belakang ketika sudah dilipat (untuk lebih jelas lihat gambar) sepanjang 5cm. Dan 4cm yang lain untuk sisi kain dijahit (untuk lebih jelas lihat gambar). Jadi saya butuh panjang kain 85cm. Kemudian untuk lebarnya saya buat 43cm. Lebih panjang 5cm dari panjang sisi bantal untuk dijahit. Sebenarnya ini main perasaan aja ngukurnya.

2. Jahit kedua sisi lebar kain.
Kedua sisi lebar perlu dijahit supaya keliatan rapi. Supaya lebih mudah menjahitnya saya pake jarum pentul untuk membuat lipatan yang rapi. Jadi pertama saya lipat ±1cm kedalam lalu saya beri jarum pentul, begitu seterusnya. Setelah lipatan pertama selesai saya lipat ±1cm lagi kedalam lalu saya beri jarum pentul lagi. Hasilnya bisa dilihat di gambar paling kanan.
Setelah semua sisi lebar kain sudah dilipat rapi sekarang tinggal menjahit aja. Jahitnya pake tangan jadi setiap nemu jarum pentul diambil, jahit lagi. nemu lagi ambil lagi (semoga gak bingung ya) 
Ini pola untuk menjahit sarung bantalnya. Gampang kan ya. Memang lebih mudah dan kuat kalo pake mesin, tapi jahitan tangan juga kuat kok tenang saja. 

3. Setelah sisi lebar kain sudah selesai dijahit. Bungkus bantal dengan kain terbalik. Memang sengaja dibalik untuk kita jahit nanti,
4. Pasang jarum pentul di bagian kanan dan kiri sisi lipatan.
5. Kemudian lepaskan bantal maka kain akan jadi seperti ini :
6. Beri jarum pentul di sisi kanan-kiri kain (di gambar pada garis hitam).
 7. Jahit lagi dengan pola yang sama seperti menjahit sisi kain tadi. Setelah sisi kanan-dan kiri selesai dijahit akan jadi tampak dalam. Kemudian balik kainnya dan sudah jadi sarung bantal.


Sudah jadi sarung bantal!

Supaya nggak polosan saya buat icon dari kain katun warna hitam buat bagian depannya. Saya buat dari kain katun warna hitam. Saya buat icon console dan sleepmask.
1. Sebelumnya saya gambar dulu icon console di kertas. 
2. Kertasnya digunting. ditempelin di kain pake jarum pentul. Kainnya double alias rangkap 2
3. Kemudian kainnya dipotong dengan dilebihin sedikit dari pola gambar icon consolenya
4. Potong bulat kecil-kecil sama tanda + untuk tombolnya. Seperti gambar dibawah :
Untuk menjahit ini pertama jahit tombol-tombolnya dulu di salah satu kain (kan tadi kainnya rangkap 2) kalau sudah selesai tempelin lagi jadi satu, kedua rangkap kain tadi. Kemudian jahit pinggiran icon consolenya. Tapi jangan semua dijahit. Jahit sesuai garis putus-putus ini saja. Nantinya kain ini akan dibalik lewat lubang yang nggak dijahit tadi. Setelah dibalik baru dijahit lagi lewat luar.
Jahitan di tombolnya keliatan nggak rapi, karna waktu saya jait itu kainnya mbrodol :( tapi bisa kok.
 Lalu jahit  di sarung bantalnya dengan pola yang sama seperti sebelumnya.

Dan sarung bantal dengan icon console sudah jadi! 

Saya buat 4 sarung bantal. dua yang saya buat diatas  dan dua yang lain warna hitam tp belum saya kasih hiasan apa-apa. Pillowcase dengan icon consolenya buat doi karna doi suka main game. Pillowcase satunya icon sleepmask kucing, punya saya. Karna saya suka tidur hahahha. Sebenernya mau bikin sleepmask bentuk kelinci tapi telinganya kependekan :( 

Selesai sudah tutorial amatir bikin sarung bantal sendiri tanpa mesin jahit. Tentu saja akan lebih kuat dan cepet kalo pake mesin jahit, tapi jahit pake tangan juga bisa kok. Selamat mencoba!

 Ida Yusnilawati
Dream Big! xoxo

9 comments:

  1. Kapan yaaa aku bisa menjahit bagus seperti ini :((. Keren bangeett

    ReplyDelete
  2. waaa mau bikin beginian juga mbaaak! aku juga suka bikin-bikin jahitan tapi semenjak nikah malah nggak pernah. besok mau cus aku praktekin langsung nih! salam kenal ya mbak <3

    ReplyDelete
  3. Ini lucu bangeeeet..
    Kamu mah orangnya kreatif da <3

    Btw itu kain katunnya kayak kain katun ima yang lagi hits dipake hijab itu ya wkwkwk

    ReplyDelete
  4. Keren-keren banget, buat nemenin tidur batal itu pasti bikin nyenyak tuh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak, empuk hehehe terimakasih sudah mampir

      Delete
  5. Aduh, kamu kreatif banget sih! Nanti mau aku coba ah dirumah :D
    kufollow ya, blognya keren.

    ReplyDelete

your comment feed my blog <3