Sunday, November 27, 2016

{DIY} Sleep Mask

Halo apa kabar? Semoga sehat selalu ya

Saya sudah pernah cerita belum kalo saya suka tidur? heheh saya suka sekali tidur. Tapi saya tipe orang yang susah tidur kalau lampu kamar nggak dimatikan. Biasanya langsung bangun kalau lampunya dinyalakan. Untuk orang-orang yang susah tidur dalam keadaan seperti itu biasanya butuh sleep mask untuk membantu tidur cepat. Fungsi sleep mask sendiri memblock cahaya supaya kita tetap merasa disitu gelap and stay asleep.

Minggu lalu saya sempat buat sleep mask dari sisa kain saya yang dulu. Tapi jangan bayangin sleepmask yang seperti dijual di toko ya wkwkw, karna yang saya buat ini biasa aja. Bahan apa adanya yang saya pakai, yang penting bisa memblock cahaya kalau dipakai.
Alat dan bahan : 
1. Kain
2. Benang + jarum
3. Jarum pentul
4. Gunting
5. Tali / pita
6. Penggaris
7. Drawing pen
8. Kertas berukuran A5


Cara membuat :
1. Lipat jadi dua, kertas ukuran A5 seperti gambar diatas. Kemudian gambar pola pada salah satu sisinya. Sebagai contoh saya gambar pola sleep mask kelinci
2. Potong pola yang sudah dibuat. Nanti akan memberikan hasil yang sama besar
3. Kemudian tempelkan gambar pola pada kain rangkap 2 dengan menggunakan jarum pentul. Supaya lebih mudah memotong sesuai pola. Untuk memotongnya, beri jarak sekitar 7mm-1cm lebih besar daripada gambar pola untuk dijahit nanti. 
 4. Setelah itu kita akan punya 2 pola kain. Kain pertama bagian depan dan yg kedua untuk belakang. Untuk kain bagian depan kita jahit dulu hiasannya. Sederhana saja, jahit gambar mata tertutup menggunakan benang warna berbeda dengan kain seperti gambar di bawah :
5. Kemudian tutup bagian depan kain yang sudah dijahit tersebut dengan kain satunya. Memang sengaja dibuat terbalik kain-kainnya untuk dijahit nanti.
6. Setelah itu beri jarum pentul pada pinggir2 pola supaya lebih mudah saat dijahit. Jahit pada garis putus-putus berwarna kuning. Ada bagian yang memang sengaja tidak dijahit terlebih dahulu.
7. Setelah menjahit beberapa bagian, langkah selanjutnya potong tali/pita sepanjang kira-kira 35cm @2 
8. Kemudian masukkan masing-masing tali/pita lewat lubang atas yang belum dijahit tadi ke sisi kanan dan kiri
9. Lipat ke arah depan kemudian jahit pada bagian yang ditandai garis putus-putus :
10. Setelah ini tinggal satu bagian atas saja yang belum dijahit. Selanjutnya balik kain tersebut lewat bagian atas yang belum dijahit tadi. Setelah dibalik kita akan medapatkan bagian depan sleep mask. Kemudian tinggal jahit bagian atasnya dan selesai.




Itu tadi cara membuat sleep mask kamu sendiri. Meskipun nggak begitu tebal, tapi kainnya warna hitam, cukup bisa memblock cahaya kok hehehe

Maaf untuk tutorial dan foto yang kurang jelas, mungkins saya sudah lelah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba! :)

See you!
Ida Yusnilawati
Dream Big! xoxo

2 comments:

  1. idaaa, ayo aku mau bikin gini2an lagi bareng kamuu. huhu kangeen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk Ris ke Malang aku mau bikin ginian lagii. Oh iya, kita udah lama banget lho nggak ke Petra Acc bareng. Tokonya udah makin besar, banyak barang lucu-lucu. Ayo kapan-kapan kesana bareng lagii <3

      Delete

your comment feed my blog <3