Friday, February 10, 2017

{Happy Planner} #3 DIY Future Log

Halo apa kabar?
Huaaa rindu kuliah ewkwk. 2 Hari yang lalu saya selesai KRSan. Sudah mulai rindu kuliah, serius rindu sekali hahaha. Liburan semester mau habis. Tgl 20 nanti sudah aktif kuliah buat semester 6. Cepat sekali yaa. 

Hari ini saya mau bagi cerita soal {Happy Planner} DIY Future Log. FYI future log ini digunakan untuk mencatat rencana-rencana kita di waktu yang akan datang. Misal tanggal untuk ulang tahun, tanggal merah, kuliah, liburan, rapat. Cukup membantu kok untuk memantau kegiatan sehari-hari untuk satu tahun kedepan.
The Future Log is a great way to log all the important and fun events you have going on in your life. It keeps all of your future events in one place. Anything that occurs in future months such as birthdays, holidays, trips, meetings, and more would go in the Future Log. It’s a simple and easy place to flip to when you need to check when a specific event is happening.The Future Log is located at the front of your Bullet Journal. If you grab an official Bullet Journal notebook, the Future Log is titled towards the beginning to help you get going.
source : bulletjournal
Dari link diatas ada juga macam-macam ide buat bikin future log. Saya sering baca dan lihat-lihat planner2 di IG, Youtube. Lucu-lucu banget. Dari situ banyak bgt dpt inspirasi dan ide buat bikin future log. 

Alat dan bahan :
1. kertas binder
2. penggaris
3. gunting
4. lem
5. spidol, pensil warna
6. note dan hiasan
Cara membuat :
1. Ukuran kertas binder ini 14cm x 21cm. Setiap halamannya dibuat untuk 3 bulan. Misalnya satu halaman terdiri dari bulan Januari, Februari dan Maret. Halaman selanjutnya terdapat bulan April, Mei dan Juni. Begitu seterusnya
2. Buat tanggalan setiap bulannya. Bisa digarisin pakai pensil dulu. Baru nanti ditebelin pakai drawing pen/spidol.
3. Buat table tanggal sampai bulan Desember (12 bulan, 4 lembar). Tanggal-tanggal 2017 bisa dilihat di komputer (kalau belum punya tanggalan 2017).
4. Tuliskan setiap bulannya diatas kertas yang berbeda supaya. Disini saya pakai note yang saya potong sesuai ukuran lalu saya gunting dan tempel. Bisa juga pakai stiker/bikin typography sendiri.

5. Sebenernya future log yg seperti ini sudah bisa diisi dengan plan-plan. Tapi lebih manis buat ditulis-tulis kalo dihias-hias. Oh ya kalau di rumah ada undangan bekas yang desainnya lucu-lucu bisa disimpan. Saya punya banyak kertas undangan bekas dengan desain macam-macam. Seperti bunga-bunga, pita, macam-macam. Kemarin saya potongin salah satu undangan bekas. Saya pakai hiasan ehehe




Tempelkan di semua halaman. Udah keliatan beda ya dari yg belum dikasih dan sebelum dikasih hiasan. Kalo manis begini saya semangat ngisinya hehe
6. Kemudian isikan rencana-rencana kalian. Bisa ditulis tanggal merah, ulang tahun orang-orang terdekat, kuliah, rapat, liburan dll. Biasanya untuk membedakan eventnya pakai spidol/pensil dengan warna yang berbeda. Selesai!



Selesaiii
Terimakasih sudah mampir. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Ida Yusnilawati
Dream Big! xoxo

1 comment:

  1. Keren-keren, kreatif sekali nih. Bisa dicoba :)
    Oh iya itu bindernya bikin sendri juga tempatnya atau beli, bagus kelihatannya, banyak sakunya..

    ReplyDelete

your comment feed my blog <3