Monday, April 3, 2017

{DIY} Membuat "To do list" Menarik

Halo apa kabar?

Ternyata post blog terakhir bulan Februari sebelum masuk kuliah. Pantesan kok kynya udah lama bgt nggak ngeblog. Kalo udah masuk kuliah emang gitu. Tugasnya segunung-gunung. Mana dikerjainnya nunggu besok deadline baru ngerjain. Nggak ngerti ya kenapa saya nggak bisa ngerjain tugas kalo nggak kepepet deadline. Heran. 

Ngomong-ngomong soal tugas segunung-gunung kan udah pernah tuh bikin DIY List Tugas (bisa dicek disini). Kali ini saya buat To do list. To do list ini rencana, taget, goal yang ingin kita capai supaya lebih mudah pengerjaannya. Lebih gampang dimonitoring, di evaluasi. Biasanya ditulis perhari atau perminggu. Misalnyam minggu ini tugas apa aja sih yang harus saya selesaikan. Bedanya sama list tugas, di to do list ini nggak cuma tugas kuliah yang bisa ditulis. Kita bisa juga nulis rencana ngeprint laporan, ttd ke dosen, kirim email, nyuci baju, nyuci sepatu. Hal hal kecil semacam itu yang mungkin aja kelewatan.
Kenapa sih perlu me list apa saja yang harus kamu lakukan? kok kynya ribet amat?
Pernah nggak sih kalian ngerasa hari kalian nggak produktif sama sekali padahal banyak banget deadline yang menanti buat kamu selesaikan? Saya pernah tuh ky gitu, biasanya sih karna tugasnya banyak, susah semua dan bingung mau kerjain yang mana dulu. Ujung-ujungnya nonton drama korea. Jadi nggak produktiflah hari itu. Akhirnya saya ngelist apa aja yang harus saya selesaikan minggu ini. Apa aja saya tulis, mulai dari tugas-tugas, ngeprint, kirim email, download dll. Karna dengan nulis itu saya jadi bisa ngeliat mana sih hal yang sekiranya lebih enteng dan mana yg agak berat buat dikerjain sehari. Dan ternyata setelah bikin to do list banyak manfaat yang saya dapet. 

Manfaat to do list :
1. Bikin hari-hari lebih produktif.
2. Belajar manajemen waktu. Bisa tau kapan ngerjain tugas, kapan me time.
3. Buat skala prioritas pekerjaan. Bisa tau kerjaan dari yang paling gampang atau yang paling susah duluan.
4. Deadline lebih tepat waktu.
5. Nggak gampang lupa.

Tips membuat to do list :
1. Spesifikasikan tugas/pekerjaan yang harus kamu selesaikan. Kalau kamu pelupa, tulis juga hal-hal kecil semacam ngeprint, kirim email dll
2. Buat di malam hari. Setelah melakukan aktifitas seharian, catat deadline-deadline tugas yang kamu dapat hari itu, juga hal-hal yang harus diselesaikan di keesokan hari.
3. Buat to do list di buku kecil, buku agenda, buku yang sering dibuka tiap harinya atau bisa juga di sticky note laptop. Dimana aja, ditempat yg bakalan sering kamu lihat/buka/dan akses. (Kalo saya di buku catatan kuliah dan sticky note laptop. 2 hal yang sering pake)
4. Buat to do list yang menarik biar menulis dan ngereview to do listnya nggak malas-malasan.

Nah buat bikin to do list yang menarik saya punya DIY To do list yang bisa dicoba di rumah.
Alat dan bahan :
1. kertas A5
2. mika A4
3. penggaris
4. pelubang kertas
5. gunting
6. cutter
7. lem
8. drawing pen
9. note
10. hiasan (gambar/sticker)

Cara membuat :
1. Kertas A5 bisa dibuat sendiri dari setengah A4. Jadi potong jadi dua kertas A4
2. Gunakan 1 atau lebih sticker/gambar dari majalah sebagai hiasan. Misal disini saya pake gambar bunga dari majalah bekas. Awalnya satu gambar utuh, lalu potong jadi dua dan tempelkan di sisi kanan dan kiri atas kertas. Untuk judul "To Do :" bisa ditulis tangan atau nempelin font-font lucu ky gini :

3. Setelah itu lipat plastik mika A4 menjadi dua. Ingat jangan dipotong. Masukkan kertas A5 yang sudah dihias tadi ke dalam plastik mika A4 yang sudah dilipat. Mika ini fungsinya agas to do list ini bisa ditempelin sama deco tape dan macam-macam sticky note. Supaya nggak gampang sobek.

4. Setelah dimasukkan rapihkan sisi sisi kertas A5 dan mika. Pastikan sama panjang dan rapi. Kemudian lubangi sisi kiri kertas+mika dengan pelubang kertas
5. Beri deco tape pada bagian atas dan bawah untuk menutup bagian terbuka.
7. Tulis to do list kamu di sticky note/kertas lipat berdasarkan hari atau minggu. Kemudian tempelkan di lembaran to do list kalian menggunakan deco tape. Selesai~~~

To do list bermika ini bisa dipakai buat lepas pasang deco tape tanpa merusak kertas. Nggak perlu buat banyak2 desain to do list. Cukup buat satu, lindungi pakai mika terus tinggal tulis to do list kalian yang bisa diganti ganti tiap hari/minggunya. Kerjaan yang udah selesai bisa di checklist, coret, atau kasih stabilo.
Psstt sebenernya mika yang saya pake ini tuh plastik mika bekas. Jadi waktu itu saya jilid proposal pake mika bening. Ternyata harus pakai mika warna biru. Terpaksa dicopot lagi deh mika beningnya buat diganti mika biru. Nah mika bening yg dicopot ini saya simpen, terus saya pake aja buat bikin to do list hahaha. Kadang-kadang dari barang yang nggak kepake itu tiba-tiba muncul ide buat bikin sesuatu. Alhamdulillah bermanfaat, barang juga hasilnya hahaha. 

Coba liat barang-barang yang udah nggak kepake siapa tau bisa dipake buat sesuatu yang lebih bernilai dan bisa dipake lagi. Tapi jangan semua barang-barang nggak kepake itu disimpen ya. Ntar numpuk segunung-gunung kemudian dimarahin ibuk hehe. 

Yuk bikin To do listmu sendiri. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!
See you on the next post~
Ida Yusnilawati
Dream Big! xoxo

1 comment:

your comment feed my blog <3