Saturday, May 6, 2017

{DIY} Membuat Stiker Dari Kertas Kado

Hai! Apa kabar?
Lama nggak ngeblog lagi. Rupanya post terakhir bulan April hehe

Ngomongin soal hobi, selain punya hobi gunting-gunting, nempel, bikin-bikin sesuatu, DIY, handmade dsb saya juga suka jalan-jalan di toko stationary. Tiap satu-dua bulan sekali saya selalu ke toko-toko stationary. Buat sekedar liat-liat barang-barang lucu menggemaskan (kemudian khilaf beli-beli padahal gak tau mau buat apa) atau emang ada tujuan mau beli keperluan tulis menulis. Kadang ngeliat sesuatu tiba-tiba kepikiran "wah ini bisa dibikin ini nih" contohnya bikin Stiker dari Kertas Kado. 
Kertas kado ini salah satu barang yg suka saya beli padahal belum butuh. Untungnya harganya murah cuma sekitar 1500-3000 perak per lembar. Jadilah nemu kertas kado lucu saya beli, tapi terus kepikiran buat bikin stiker. Asiikkk, jadi sekarang ke toko stationery ada kertas kado lucu (kalo lagi nggak khilaf) pasti saya beli. Tapi nggak semua kertas kado saya beli. Biasanya saya liat motif/gambarnya. Saya suka beli yg gambar-gambar bunga, hewan, buah, gambar-gambar lucu yg sekiranya bisa diguntingin buat dijadikan stiker.

Untuk yang suka menulis, nempelin gambar2 di buku catatan harian, atau buat nandain sesuatu bisa nih buat DIY Stiker Dari Kertas Kado.

Beberapa contoh motif/gambar kertas kado yang saya beli :
Bisa dibuat nandain di Calendar Planner untuk birthday

ini yg bergambar bunga

bunga juga, ini favorit saya hehe

buah buahan, awal liat langsung pengen beli. makin lucu sehabis diguntingin
Selain dari kertas kado saya juga biasa cari gambar-gambar atau font-font lucu di majalah bekas ky gini :
ini dapet dari salah satu majalah bekas yang waktu itu temanya kalau nggak salah spring

biasanya di majalah remaja banyak desain-desain lucu di tiap halamannya. Nah itu juga bisa dibuat stiker lhoh 

Nah ini icon lucu-lucu juga dari majalah. Ada panah, kamera, dsb
font-font dari majalah bekas
Cara membuat Stiker dari Kertas kado ini juga gampang banget. Cuma butuh gunting, lem, gambar dan font-font lucu yg bisa didapet darimana aja ky majalah bekas sampe undangan yg udah nggak kepake. Contohnya ky gini :
Karna saya suka yg motif bunga-bunga gini sih saya potongin bagian bergamba


Setelah dipotongin ky gini
Terus stiker-stiker ini saya kumpulin di plastik cetik sesuai motif, Terus dikumpulin dalam satu pouch. Karena stiker ini belakangnya nggak lengket ky stiker-stiker yg lain saya selalu siap lem kertas di tempat pensil atau dalam pouch stiker. Jadi tiap mau pake stiker-stiker ini tinggal di lem terus tempel deh.
Stiker-stiker diatas udah saya aplikasikan ke beberapa DIY-DIY yang sering saya post di blog. Diantaranya saya bikin Jadwal kuliah, List tugas, Calendar Planner, To do list, dsb. Rata-rata dibuat dari kertas A4 polosan, saya bagi dua. Kemudian dilubangin pake pelubang kertas biar bisa jadi kertas binder. Garisin satu-satu (buat calendar planner dan list tugas) terus di hias-hias pake stiker ala-ala. Kedengeran ribet tapi enggak kok kalo hobi hehehe. 
1. Jadwal kuliah // 2. Pembatas mata kuliah // 3. List tugas // 4. Calendar planner // 5. To do list // 6. kumpulan font-font lucu 
Itu tadi cara bikin stiker sederhana, jangan lupa untuk sedia lem kertas ya. Oh ya contoh pengplikasian stikernya bisa dilihat di cerita-cerita berikut :

atau bisa langsung aja klik label DIY ☺
Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. 

❤Ida Yusnilawati
Dream Big! xoxo

No comments:

Post a Comment

your comment feed my blog <3