Monday, September 11, 2017

{Main} Bali Butterfly Park

Setelah dari Pantai Tabanan dan ESPA Yeh Panes Natural Hot Spring Resort, kami lanjut ke Bali Butterfly Park. Bali Butterfly ini tempatnya masih di daerah Tabanan, Bali. Kalo dari pemandian air panas ESPA Yeh Panes menuju Bali Butterfly Park sekitar 10-15 menit.
Di pintu masuk kami disambut dengan kolam (not sure ada ikannya apa nggak) dan patung kupu-kupu bertuliskan "Bali Butterfly Park". Kurang tau harga tiket masuknya berapa karna udh include sama "liburan gratis". Tapi kalo saya cek di google sekitar Rp 75.000 untuk dewasa dan Rp 37.500 untuk anak-anak (tahun 2015)
Tempatnya emang hijau-hijau gitu banyak tanamannya. Disini kita bisa liat banyak sekali kupu-kupu dalam spesies yg berbeda, khususnya yg berkembang di daerah tropis. Dan kupu-kupu disini terbang bebas di area taman ini loh. Jadi dibagian atas taman ini dikasih ky jaring-jaring gitu, mungkin supaya kupu-kupunya nggak terbang kemana-mana.



Saya nemu macam-macem kupu-kupu. Mulai dari warna kuning, putih, biru dll. Susah motretnya mereka terbang-terbang. Saking senengnya liat kupu-kupu saya hampir lupa kalo kupu-kupu itu nggak jauh-jauh dari ulat. Disini tempatnya emang hijau banget. Kanan kiri dan atas tumbuhan semua, dan nggak menutup kemungkinan ada ulat diantara daun-daun itu hahaha. Saya jalan agak was was gitu takut nabrak ulat tapi saya cuma nemu 1 ulat sih. Bisa dibilang ulatnya nggak banyak kalo dibanding sama kupu-kupunya yg sebanyak itu.

Tempat ini juga mengedukasi karna nggak cuma biasa liat kupu-kupu, disini juga bisa liat tahap-tahap metamorfosa. Saya ketemu ratusan kepompong! Kata si mbok emang dibudidaya gitu lho. Jadi ulat yang udah jadi kepompong itu dipindahin dari tanemannya dan digantungin di satu tempat sampe mereka menetas.

eh ada yang baru menetas
yang ini juga baru menetas
btw itu ada isinya semua, belum netas
Jadi Bali nggak cuma pantai aja loh, bisa main kesini buat yang pengen tau kupu-kupu menetas dari kepompongnya secara langsung. Bisa diajakin foto lagi hahaha. 
Yang saya pegang itu kupu-kupunya masih umur 1 hari, baru menetas kata si Mbok. Geli geli gimana gitu soalnya dia jalan-jalan di tangan.


kupu-kupu yang umurnya baru 1 hari
Selain kupu-kupu disini juga bisa liat serangga yang lain. Seperti kumbang, kalajengking dan ada budidaya tarantulanya juga. Tempatnya ky mirip goa gitu saya gak berani masuk. Dan di akhir rute Bali Butterfly Park kita bisa liat berbagai macam kupu-kupu yang ada di dsiplay kaca diurutkan berdasarkan jenisnya
tempat budidaya tarantula
Ini namanya bermain sambil belajar haha, cukup mengedukasi. Asik banget, sayang di Malang gak ada. Kalo ada sepertinya bakalan rame buanget hehe

See you on the next post!
Ida Yusnilawati
Dream Big! xoxo

4 comments:

  1. Wow.. Keren taman kupu-kupunya..

    Berarti banyak ulet juga ya kalau banyak kupu-kupunya.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya iya, tapi waktu kesana ulatnya nggak sebanyak yg dipikirkan kok hahaha

      Delete
  2. Kamu berani bangeeeeet sih main sama kupu-kupu hahaha, aku geli kalo beresntuhan, kalo lihat aja seneng. Tapi takut soalnya ngebayangin dia sebenernya ulet huhu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. awalnya geli, tapi gpp karna kapan lagi pegang kupu-kupu, mumpung dia mau hehe

      Delete

your comment feed my blog <3