Sunday, January 21, 2018

{Bullet Journal Ideas} Movies I've Watched

Halo selamat tahun baru 2018! Lama saya nggak ngeblog. Main-main di Bali kemarin juga belum saya lanjutin ceritanya hahaha. Emang dasar blogger musiman.

Ngomong-ngomong masih inget nggak sama cerita saya soal Happy Planner? kalo belum tau dan mungkin lupa bisa di cek disini (klik). Jadi kalo kemarin saya pake planner dr notebook ukuran A5, sekarang saya pake notebook yang ukurannya lebih kecil. Sekitar ukuran A6, biar lebih praktis dibawa kemana-mana. 

Sebelumnya mungkin ada yg tanya-tanya Bullet journal itu apa sih? 
Bullet journal itu sistem perencanaan yg dipakai untuk mengatur dan mencatat kegiatan kita.  Semacam agenda sehari hari yang terstruktur supaya mencatatnya lebih mudah. Idealnya bullet journal ini isinya ada index, future log, monthly log, weekly log, daily log dan masih banyak lagi. Kalau planner biasanya udah ada template untuk monthly, weekly, dan daily lognya, kita tinggal ngisi aja. Tujuannya supaya lebih mudah pengguna buat mencatat. Bedanya dengan planner, bullet journal nggak ada template. Alias kita buat sendiri dengan struktur/rules yang sudah ada. Baca selengkapnya disini (klik)

Bikinnya harus dihias hias gitu ya? oh enggak kok. Jadi memang di bullet journal itu ada rulesnya. Tapi nggak mengharuskan kita buat menghias. Itu tergantung pribadi masing-masing, mau dihias atau sekedar ditulis mengikuti rules aja. Kalau saya, gemes pengen dihias-hias. Buat saya berpengaruh sih, biar lebih rajin aja nulisnya. Kalau cantik gitu saya suka ngisinya hahaha. Disini saya mau bagi sedikit tentang Ide untuk ngisi Bullet Journal.
Selain weekly, daily log di bullet journal kita juga bisa isi to-do list, books to read dan masih banyak lagi. Contohnya "Movies I've Watched" atau Movies yang sudah saya tonton. Biasanya berisi judul film yang sudah kita tonton di bioskop selama satu tahun ini. Fungsinya buat apa tuh? Untuk tracking aja. Udah nnton film apa aja di bioskop sih selama satu tahun ini.
Biasanya orang-orang tulis judul filmnya, tanggal dan rating untuk film tersebut. Saya juga liat-liat template yang serupa, lucu-lucu. Ada yg bentuk popcorn, tiket nonton, film dsb. Dari situ saya bikin model tiket bioskopnya Indonesia.

Memang macem-macem sih bentuk tiket bioskop di Indonesia. Contohnya untuk bioskop Moviem*x, cinema*1, cinema*x beda beda. Tapi saya bikin patokannya tiket cinema*1 hehe. Kira kira bentuk yg saya buat seperti ini 
Saya buat kotak-kotak pakai garis putus-putus di notebooknya. Saya juga bikin dengan ukuran yang sama di kertas note warna seperti gambar diatas. Yang dimana di kertas notenya udah saya tulisin templatenya mirip tiket bioskop cinema*1. Habis itu kotak-kotak yang di note tadi saya potong-potong dan di notebooknya, sesuai kotak-kotak yang sudah dibuat.
Jadi tiap kalo selesai nnton saya tulis di bullet journal. Di template yang sudah saya buat tadi. Ada tempat, judul film, tanggal nonton, tempat duduk, studio dan rating film tersebut menurut saya.

The Greatest Showman ini film pertama di 2018 yang saya tonton. Bagus banget! drama musical, ada mas Zac Efron. Buat yang ngikutin high school musical, kita nonton mas Zac nyanyi lagiiii ❤ wkwkwk maaf OOT

Oke kembali lagi, jadi gitu cara bikinnya. Kenapa gak tempelin tiket nontonnya aja? iya bisa juga loh. Tapi menurut saya sih kalo ky gitu kurang rapi, jadi saya bikinnya ky yg diatas. Terus tiket nontonnya ditempel di tempat lain, di bagian "memories" disitu sekalian ceritain sama siapa nontonnya, kemana, beli apa dll. Gitu deh, mungkin ada yg mau buat juga? Selamat mencoba ✌

See you on the next post!
Dream Big! xoxo
Ida Yusnilawati

No comments:

Post a Comment

your comment feed my blog <3