Wednesday, February 7, 2018

Studi Ekskursi 2018

Halo! Cerita ini ngebahas tentang pengalaman/perjalanan studi ekskursi pertama yang saya ikuti selama menjadi mahasiswi. Dulunya pernah ada tawaran untuk daftar studi ekskursi tapi saya mikir "nggak usah deh". Tapi tahun ini saya 'harus' ikut studi ekskursi.

Jadi semester tua ini saya 'kerja' di Himpunan Mahasiswa Teknik Komputer (HIMATEKKOM). Saya masuk di departement Informasi dan Komunikasi (INFOKOM) yang dimana salah satu program kerjanya yaitu Studi Ekskursi. Peran saya di studi ekskursi ini sebagai panitia konsumsi, kesehatan dan perlengkapan. Temen-temen saya bilang PKK/KPK ckckck. Iya rangkap 3, tapi nggak kerja sendirian dong.... Jadi itulah awalnya saya 'harus'  ikut studi ekskursi.

Setelah berbulan-bulan kami siapin segala sesuatunya, mulai dari ngurus proposal ke kampus lalu kirim proposal ke perusahaan, survey transportasi, penginapan, makanan dll. Akhirnya Senin, 29 Januari 2018 kemarin kami siap berangkat ke Jakarta untuk Studi Ekskursi Himpunan Mahasiswa Teknik Komputer.
Senin, 29 Januari 2018
Sekitar jam 6 pagi saya udah siap di kampus Universitas Brawijaya Malang buat siap-siap berangkat Studi Ekskursinya HIMATEKKOM. Rombongan kami 1 bus, isinya 50 orang. Yang bikin membahagiakan selama perjalanan studi ekskursi kemarin adalah, temen-temen D'Gengz saya ikut!
Setelah menunggu sekitar 1.5jam-an buat semuanya datang, kumpul, masukin barang-barang ke bagasi bus dan briefing, kami berangkat menuju Jakarta. Saya duduk di deretan kiri bus, nomer 2 dari depan. Sebenernya nggak sengaja juga pilih bangku depan-depan, ternyata enak juga turunnya bisa cepet wkwkwk.
Bus yg kami sewa kemarin punya 27trans (malang punya)
Selama perjalanan menuju Jakarta (di bus), saya lebih banyak makan, ngobrol-ngobrol dan banyak meleknya. Masih banyak energinya, masih belum sakit lututnya, belum ngantuk juga sampai nggak kerasa kami udh waktunya makan siang.

Kami berhenti untuk makan siang di RM Wahyu Utama, Tuban. Pas sebelah RM Wayu Utama itu pantai. Setelah ishoma kami ke pantai sebelah. Bener-bener pantai hahahah lumayan lah ya denger suara ombak, anginnya, cipratan ombak Alhadulillah
Rumah Makan Wahyu Utama, Tuban
Nggak tau nama Pantainya apa
Linda, Lita, Intan, Saya, Mila, Burhan, Putri, Syahriel minus D'Gengz yg lain~
Setelah dari RM Wahyu Utama, Tuban kami melanjutkan perjalanan lagi. Sampe di Kendal, kami ishoma lagi di RM Kurnia Jawa Timur. Oh iya, selama disana kami selalu makan satu meja. Dimana ada salah satu dari mereka, disana kami duduk wkwkw
nulis ini jadi makin lapar
Waktu itu saya udah mulai ngerasa badan saya goyang-goyang ky lagi duduk di bus. Itu kerasa sampe saya pulang ke Malang lagi. Setelah ishoma, kami balik lagi ke bus untuk melanjutkan perjalanan. Tadinya sebelum makan, kondisi bus lumayan sepi saya yakin karna pada lapar semua wkwkwk. Setelah makan, mereka karaokean di bus. Minta lagunya ini itu buat dinyanyiin. Oh iya bus yang kami sewa kemarin lumayan buat perjalanan jauh (menurut saya). Tempat duduknya nyaman, kursinya tinggi gitu desainnya juga unik. Ada fasilitas bantal juga selimut. Bantalnya lucu ky bantal sofa, selimutnya juga anget. Ada tempat sendiri buat naro air mineal, buat snack/dll ada sendiri.
sedikit penampakan bus 27trans
Setelah capek karaokean, most of them tidurrrrr. Sampeee besok paginya kita nyampe Jakartaaaaaaaa

Selasa, 30 Januari 2018
Sampai di Jakarta kita nggak langsung ke penginapan. Jadi sekitar jam 4-5an pagi kami nyampe di rest area mana gitu lupa namanya. Kami bersih2, mandi, sholat dulu disana lalu lanjut perjalanan lagi ke jakarta. Kami kena macet di tol apa ya kemarin astaga lupa saya wkwwk. Macet deh pokoknya sampe baru bener-bener nyampe Jakarta (Monas) jam setengah 10 pagi. Disana saya sudah janjian sama bapak-bapak yang nganter nasi padang. Setelah saya bagiin sarapan ke semua peserta, kami semua sarapan.

Kami emang nggak lama-lama di Monas. Karna jam 1 siangnya kami ada kunjungan ke perusahaan Blibli.com. Tapi setelah sarapan, kami masih ada waktu free. Jadi kami buat jalan-jalan sebentar di sekitar monas.
Sekitar jam 11 an rombongan kami berangkat lagi menuju kantor Blibli.com. Sampai sana jam 12 siang, kami ishoma dulu di deket kantor Blibli.com juga. Setelah itu kami siap kunjungan.

Kunjungan kami ke Blibli.com di dampingi oleh 2 dosen dari prodi kami, disana juga ada dan ketemu sama alumni. Kami diarahkan ke ruangan apa ya namanya, itu deh pokoknya. Setelah ngisi absensi, kami mulai duduk di tempat yang sudah disediakan. Mereka juga ngasih goodie bag loh isinya ada kue, kaos, buku sama pen. Baiknyaaaa

Acara pertama dimulai dengan pemberian materi yang menurut saya bagus banget, tapi nggak saya ceritain disini karna nnti jadi panjang sekali. Setelah diberi materi, kami juga diajak keliling kantor. Oh iya, kantor Blibli.com yang kami kunjungi ini khusus untuk divisi IT, Finance dan HRD aja. Kami diajak keliling ke tiap divisi sambil dijelasin sama alumni kami. Kantor Blibli.com asik dan kekinian banget hahaha makin pengen kerja disana. Tapi nggak bisa saya post foto tempat kerjanya (selain ruangan di atas) takut kenapa-napa. Lanjut..

Setelah foto bersama dan keliling kantor Blibli.com acara kami selanjutnya yaitu makan malam di penginapan. Kami kembali ke bus dan siap perjalanan ke penginapan dari jam 6 sore. Kena macet pas perjalanan ke penginapan, hasilnya kami baru nyampe penginapan sekitar jam 8 malam. What a day

Kami menginap di Wisma Kementrian Agama, Jakarta pusat. Setelah sampai dan bagiin makan malam, kami dikasih waktu istirahat. Sampai di penginapan saya nggak langsung makan dan mandi, karna mau ketemu Fifiiii dan Ketriinnn soalnya keburu malam. Mereka temen-temen saya sejak SMK yang sekarang lagi kerja di Jakarta. Cantik-cantikku kemarin datang ke penginapan dibelain jauh-jauh dari jakarta selatan ke jakarta pusat, bawain PHD lagi. Kangen sekaliiiii kami ngobrol sampe tengah malem, sampe akhirnya mereka pulang. Terimakacii yaaa, semoga rejekinya semakin berlimpah Aku kenyang loh makan itu sampe gak makan malam wkwkwk

Habis itu saya baru beres-beres, mandi dan tiduran di kasurrrrrrrrrr. Saya se kamar bertiga. Tadinya sih berdua, sama Boru aja. Tapi karena dapat kamar kami di pojok banget dan jauh dari jangkauan teman-teman, saya takut haha. Akhirnya pindah ke kamarnya Intan dan Putri. Tapi ujung-ujungnya kami tidur ber3 (Saya, Intan dan Putri) karena Boru tidur di kamar sebelah. Kami bertiga ngobrol sampe jam 3 pagi. Sampe akhirnya kami bangun kesiangan...

Rabu, 31 Januari 2018
Kami bangun jam 5.30an waktu Boru ketok pintu kamar kami. Wkwkwk ngantuk parah sampe suara alarm nggak kedengeran, suara ketok pintu juga nggak kedengeran sama sekali (iyalah baru tidur jam 3 pagi) Untungnya temen sekamar saya ada yg denger, akhirnya kami semua bangun terus siap-siap buat mandi. Setelah itu kami sarapan bareng dan check out dari penginapan sekitar jam 8 pagi.

Tujuan kami pagi itu mau ada kunjungan ke Kementrian Komunikasi dan Informatika (Keminfo) Jakarta. Tepatnya di jakarta pusat juga, deket monas. Karena di Kominfo nggak bisa parkir bus, akhirnya bus kami parkir di Monas. Kami jalan ke kantor Kominfo dari monas, untungnya deket. Kalo jalan sekitar 5-10 menitan mungkin.

Se sampainya di Kominfo kita langsung diarahkan ke ruang opsroom. Disana udh ada para pembicara, kami dipersilahkan duduk. Setelah itu pembagian materi dimulai. Kunjungan ke Kominfo kemarin saya ngantuk banget parah, bayangin aja udah tidur jam 3 pagi, kursi yg kami dudukin enak banget. Makin menjadi jadi ngantuknya

saya bawa note kecil ke Jakarta kemarin. Berguna pas di Kominfo, buat coret-coret biar nggak ketiduran :(
Selesai dari Kominfo kemarin sekitar jam 12 an siang. Lagi-lagi saya janjian sama bapak yang nganter nasi padang buat makan siang peserta. Sambil nungguin bus kami jemput di dekat Monumen Nasional Jakarta, kami mampir kesana sebentar buat foto-foto hahaha.
Foto terus kita. Nungguin nasi padang aja foto
satu...
dua... ini niruin pose kami yang waktu ke Eco Green Park, masih inget gak? *klik klik*
Tujuan kami selanjutnya yaitu ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Ada cerita yang sangat berkesan dan bikin susah dilupakan buat saya dan D'Gengz di TMII kemarin. Mulai dari makan siang yg tiba-tiba turun hujan, ngayuh sepeda satu untuk berdua, sampe lari-larian di TMII. Kalian tau kan TMII itu sebesar apa? Kami lari-larian dari Istana anak-anak Indonesia sampe ke parkiran bagusnya pas kondisinya lagi Hujan. Mantap djiwaa...nanti saya ceritain detailnya di post berikutnya. Sampai jumpaa