Friday, May 4, 2018

{Bullet Journal Ideas} Monthly Log

Halooo apa kabarrr?
Melanjutkan postingn saya tentang Bullet Journal yg ini (klik). Seperti yang udah saya ceritain juga bahwa idealnya. bullet journal itu isinya ada Index, Future Log, Monthly Log, Weekly/daily Log. Dan yang ingin saya bahas kali ini yaitu Monthly Lognya dulu. 
Apa sih Monthly Log itu?
Menampilkan kalender satu bulan yang dimana setiap tanggalnya bisa diisi mengenai appointment, event, birthday atau reminder. 

Biasanya orang-orang lebih suka pakai planner buat mencatat hal-hal macam ini. Soalnya udah ada templatenya langsung. Kalo Bullet Journal sistemnya memang kita buat sendiri dari awal. Tujuannya tetep 1 yaitu mentracking kegiatan kita. Sebenarnya pun templatenya nggak harus menarik. tapi seneng gak sih kalo journal km isinya warna warni? Saya mau bagi sedikit ide bikin template monthly log yang menarik.

Alat dan Bahan :
1. Bullet journal (saya pakai notebook dari ESAER, ukurannya 16.5cm x 12cm)
2. Penggaris
3. Pen
4. Gunting
5. Lem
6. Kertas kado (patternnya bisa dipotong)
7. Decorate tape

Saya pakai bullet journal dari ESAER. Ukurannya 16.5cm x 12cm. Isinya memang nggak semuanya dotted. Pastikan kamu memilih bullet journal yang isinya dotted. Karena akan lebih mudah dibanding yang polosan aja. Memang agak susah sih carinya, tapi setau saya di miniso ada.

Cara Membuat :
1. Buat garis kotak-kotak berdasarkan bulan ini (Mei). Kamu bisa melihat kalender di hp kamu buat acuan. Jangan lupa beri tanggal dan nama harinya. Sebenernya sesimple ini buat template monthly log di bullet journal.


2. Decorating.
Saya pakai kertas kado sisa yang patternnya gambar flamingo. Saya potongin lalu saya tempelin sebagai tema bulan ini. 

 Saya tempel note di bagian pojok kiri atas lalu saya potong sesuai sisi kertasnya. Kemudian tempel flamingo yang sudah kita potong dari kertas kado bekas tadi.
3. Beri nama bulan. 
Saya pakai kertas biasa yang sudah saya print font lucu-lucu. Kamu juga bisa bikin di rumah, tinggal download font lucu-lucu lalu print di kertas biasa. Kalau mau pake, tinggal gunting dan dikasih lem. Ini bikin stiker ala-ala wkwkwk.


4. Space yang masih sisa? diisi dengan next month, note dan to-do list. 


Udah deh template monhtly log untuk bulan Mei. Bisa langsung diisi appointment Untuk template next month caranya sama aja. Tetap gambar kotak-kotak untuk tanggalnya lalu temanya bisa berubah-ubah sesuai kemauan. Misal bualan ini flamingo lalu bulan selanjutnya tema buah-buahan (pakai stiker atau kertas kado yang patternnya buah-buahan, bebass)
Tema bulan Januari-Februari
Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di cerita selanjutnyaaaa
Dream Big! xoxo

2 comments:

  1. Sangat bermanfaat, liat blog ini jadi semangat kuliah 💕

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi sudah mampir kak Chaesi, semangatttt

      Delete

your comment feed my blog <3